Jumat, 28 September 2012

Rakoth - Planeshift (1999)


Rakoth - Planeshift (1999)

Kali ini saya akan mengulas salah satu band metal Rusia yang saya kenal dari kompilasi Voices From The Thundering Fog yang saya syukuri karena di dalamnya terdapat band-band metal hebat dari beberapa negara.

Rakoth dibentuk sejak tahun 1996, ketika di Indonesia belum bermunculan band-band melayu total dengan dandanan metal. Rakoth adalah nama karakter demigod atau setengah dewa karya penulis fantasi Rusia, N. Perumov. Rakoth adalah Master of Darkness yang tidak ingin melayani dewa-dewa muda dan berhasil mengambil alih tempat mereka. Karakternya adalah pemberontak, itulah alasan pemilihan nama ini.

Code666 Production, label rekaman Italia yang baru berdiri saat itu berhasil menemukan Rakoth. Planeshift (1999) adalah rilisan pertama mereka. Tema lirik yang diusung penuh dengan imaji fantasi. Yang saya rasakan ketika mendengar lagu favorit saya, Fear (wasn't in the Design), adanya rasa kecewa dan sedih. Beragam jenis instrumen yang digunakan terutama flute, dan gaya vokal yang dipakai memang membuat suasana fantasi, perasaan gelisah semakin terasa. Planeshift (Introduction) dan Noldor Exodus adalah rekomendasi saya selanjutnya yang berupa permainan instrumen saja.

Lagu pilihan saya selanjutnya adalah The Dark Heart of Uukrul. Lagu ini diawali dengan permainan flute dan gitar klasik hampir satu menit, disambung dengan permaian gitar dan drum yang cepat diiringi keyboard yang sering muncul disepanjang lagu. Og'Elend, Gothaur Aulendil dan Outro adalah lagu-lagu lainnya yang menjadi perhatian saya di album ini.

Rakoth tidak suka dengan pentas musik langsung. Mungkin karena rumitnya musik yang mereka mainkan akan sulit jika dipentaskan langsung. Jika saya cari di YouTube, memang cuma ada satu acara di mana mereka memainkan lagunya di hadapan penonton, dan vokalisnya tampak cukup kesulitan menjaga kualitas nyanyiannya di panggung sambil memainkan flute.

Sumber referensi:
http://www.chroniclesofchaos.com/articles/chats/1-278_rakoth.aspx
http://www.metal-observer.com/articles.php?lid=1&sid=4&id=4639

Tidak ada komentar:

Posting Komentar