Selasa, 02 Oktober 2012

Liv Kristine, Penyanyi Bersuara Emas

Jika anda penggemar Theater of Tragedy, terutama penikmat album-album awal mereka, pasti kenal betul dengan suara khas Liv Kristine. Ya, suaranya cocok sekali untuk lagu-lagu doom atau gothic metal. Perasaan sedih tapi digambarkan dengan sangat indah dan bisa membuat anda ingin bunuh diri berhasil dikeluarkan melalui suara emasnya.

Liv Kristine lahir pada Februari 1976. Awalnya dia hanya diundang sebagai penyanyi tambahan di satu lagu Theater of Tragedy yang pada saat itu band ini masih menggunakan nama lain. Tidak lama kemudian mereka pun mengajaknya bergabung. Sejak album demo mereka kualitas suara Liv memang sudah bagus, meski kualitas rekaman nya kurang. Sayangnya, dia bertahan dengan Theater of Tragedy sampai album kelima (album demo dan EP mereka tidak masuk dalam hitungan ini). Pada 2003 dia harus keluar karena perbedaan pendapat yang tidak bisa dicari solusinya. Pada saat itu dia sudah bergabung dengan Leaves' Eyes bersama dengan suaminya Alexander Krull. Selain itu dia juga membuat sebuah pop project dengan namanya sendiri.

Liv Kristine ikut membantu dalam mempengaruhi penggunaan teknik beauty and the beast vocals, dimana suara indah penyanyi wanita bertemu dengan suara growls penyanyi pria, yang dimanfaatkan oleh band-band seperti Tristania, Epica, After Forever. Memang penggunaan teknik suara ini diawali oleh Paradise Lost dan The Gathering, tapi penggunaannya secara penuh dalam satu album dimotori oleh Liv bersama Theater of Tragedy di album self-titled mereka pada tahun 1995.

Liv Kristine, Penyanyi Bersuara Emas
Liv Kristine

Sumber referensi:
http://www.blabbermouth.net/news.aspx?mode=Article&newsitemID=14758
http://en.wikipedia.org/wiki/Theatre_of_Tragedy
http://en.wikipedia.org/wiki/Liv_Kristine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar