Senin, 16 Desember 2013

Obiymy Doschu, Musik Puitis Dari Ukraina

Pernahkah pembaca RPL Metal Review merasa begitu sedih? Sehingga jika ada sebuah film yang mengisahkan kesedihan anda, sudah anda siapkan beberapa soundtrack yang pantas menemani gambaran kesedihan anda. Tidak perlu mencari band mana saja yang layak mengisi daftar soundtrack kepiluan anda, cukup satu nama band ini yang akan semakin menyayat kesedihan anda.

Obiymy Doschu, yang artinya pelukan hujan, adalah band Ukraina yang sudah menelurkan satu album dan singles sampai saat ini. Album perdana mereka, Elehia, berisi 8 lagu yang semuanya menggunakan bahasa Ukraina. Entah mereka tidak berniat merangkul penikmat musik internasional atau mungkin ada alasan lain. OK, pertama-tama penulis ingin membahas cover album nya. Cover album inilah yang menarik perhatian saya ketika browsing di YouTube. Dengan latar sebuah jalan di bukit atau gunung yang bersalju, tampak pepohonan yang tertutupi salju dan ada seseorang sedang berjalan. Menggambarkan betapa sunyi dan sepinya tempat itu tapi tidak ada kesan menyeramkan. Nama band dan judul album ditulis dengan huruf yang terkesan klasik dan misterius.

Setelah terkesan dengan cover album nya, saya semakin tertarik karena lagu yang saya dengarkan di YouTube saat itu adalah Pid Hmaramy yang bisa dikatakan andalan mereka. Diawali dengan suara gemuruh dilanjutkan dengan tabuhan drum dan permainan gitar klasik yang sangat indah. Suara Volodymyr Agafonkin cocok sekali dengan permainan musik mereka. Jika mendengar nyanyiannya, anda seperti berada di sebuah opera dan pria pemeran utamanya sedang bernyanyi di dekat reruntuhan bangunan atau medan perang. Lagu ini sedih sekali tapi tidak bosan didengar.

Lagu kesukaan penulis lainnya adalah Samotni Nochi. Jika pada lagu sebelumnya banyak permainan drum, di lagu ini hanya sedikit. Permainan gitar klasik, biola sangat dominan di lagu ini. Penulis sangat suka dengan suara Volodymyr Agafonkin dan penyanyi latar yang sangat syahdu menyanyikan lagu ini.

Dari 8 lagu yang ada, hanya 2 yang bisa penulis bahas. Silahkan anda download gratis di situs mereka (klik di sini). Bahkan singles terbaru mereka pun gratis. Jika anda ingin membeli dalam bentuk fisik agar mereka tetap bisa berkarya, mereka menyediakan dalam bentuk CD.


Obiymy Doschu, Musik Puitis Dari Ukraina
Obiymy Doschu

Sumber referensi:
http://rain.in.ua/en.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Obiymy_Doshchu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar